PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SEKOLAH MENENGAH ISLAM INTERNASIONAL (SMII) NURUL MUSTHOFA BAGI SISWA BERASRAMA DI KECAMATAN JUWIRING KABUPATEN KLATEN
Judul
PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SEKOLAH
MENENGAH ISLAM INTERNASIONAL (SMII) NURUL MUSTHOFA BAGI SISWA BERASRAMA
DI KECAMATAN JUWIRING KABUPATEN KLATEN
Klasifikasi
2x7.3
Penulis
WARSIDI
Pembimbing
Syamsul Huda Rohmadi
Abstrak
Warsidi. 2014. Pengembangan Kurikulum Pai
Di Sekolah Menengah Islam Internasional (Smii) Bagi Siswa Berasrama
Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten, Skripsi, Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta.
Pembimbing : Syamsul Huda Rohmadi, M.Ag
Kata kunci : Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Agama Islam mempunyai peranan yang penting dalam membentuk,
membina, dan mengembangkan fithrah manusia menuju terbentuknya manusia
yang seutuhnya (Insan Kamil). Ruang lingkup pendidikan Agama Islam yang
sedikit dalam seminggu menyebabkan kurangnya pengetahuan dan pemahaman
keagamaan oleh siswa, sehingga jiwa keagamaan siswa akan mengalami
penurunan, padahal seorang siswa harus mengetahui pendidikan agama
sebagai dasar dalam menjalani kehidupannya. Oleh karena itu, perlu
diadakan pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di
sekolah. SMII Nurul Musthofa Klaten melakukan pengembangan kurikulum PAI
dengan mengadakan program Asrama/Pesantren. Dalam pelajaran agama di
SMII Nurul Musthofa mendapat jam lebih banyak dibandingkan dengan
Sekolah Menengah Pertama pada umumnya. Dengan demikian tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengembangan kurikulum PAI di Sekolah
Menengah Islam Internasional (SMII) Nurul Musthofa bagi siswa berasrama
di Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten.
Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif yang mengambil
lokasi di SMII Nurul Musthofa Klaten pada bulan Oktober sampai dengan
bulan Desember 2013. Subyek penelitian yang akan dijadikan nara sumber
utama dalam penelitian ini adalah waka kurikulum dan guru PAI SMII Nurul
Musthofa Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten. Sedangkan informan dalam
penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala asrama, serta siswa SMII
Nurul Musthofa Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten. Data dikumpulkan
dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Keabsahan data diperoleh dengan cara triangulasi. Data terkumpul
dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan Kurikulum PAI
di SMII Nurul Musthofa Klaten dilaksanakan dalam dua program
pengembangan yaitu pengembangan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.
Ekstrakurikuler dibagi menjadi dua yaitu ekstrakurikuler di sekolah dan
ektrakurikuler di pesantren/asrama bagi siswa yang berada di
Pesantren/Asrama dalam mengembangkan materi PAI meliputi bahasa Al
Qur’an (Tahfidh dan Tahsin)Arab, Hadits, Fiqh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar