Selasa, 02 September 2014

PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SEKOLAH MENENGAH ISLAM INTERNASIONAL (SMII) NURUL MUSTHOFA BAGI SISWA BERASRAMA DI KECAMATAN JUWIRING KABUPATEN KLATEN


main banner
Data Pencarian

    PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SEKOLAH MENENGAH ISLAM INTERNASIONAL (SMII) NURUL MUSTHOFA BAGI SISWA BERASRAMA DI KECAMATAN JUWIRING KABUPATEN KLATEN

    cover
    Judul
    PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SEKOLAH MENENGAH ISLAM INTERNASIONAL (SMII) NURUL MUSTHOFA BAGI SISWA BERASRAMA DI KECAMATAN JUWIRING KABUPATEN KLATEN
    Klasifikasi
    2x7.3
    Penulis
    WARSIDI
    Pembimbing
    Syamsul Huda Rohmadi
    Abstrak
    Warsidi. 2014. Pengembangan Kurikulum Pai Di Sekolah Menengah Islam Internasional (Smii) Bagi Siswa Berasrama Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta. Pembimbing : Syamsul Huda Rohmadi, M.Ag Kata kunci : Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam Pendidikan Agama Islam mempunyai peranan yang penting dalam membentuk, membina, dan mengembangkan fithrah manusia menuju terbentuknya manusia yang seutuhnya (Insan Kamil). Ruang lingkup pendidikan Agama Islam yang sedikit dalam seminggu menyebabkan kurangnya pengetahuan dan pemahaman keagamaan oleh siswa, sehingga jiwa keagamaan siswa akan mengalami penurunan, padahal seorang siswa harus mengetahui pendidikan agama sebagai dasar dalam menjalani kehidupannya. Oleh karena itu, perlu diadakan pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah. SMII Nurul Musthofa Klaten melakukan pengembangan kurikulum PAI dengan mengadakan program Asrama/Pesantren. Dalam pelajaran agama di SMII Nurul Musthofa mendapat jam lebih banyak dibandingkan dengan Sekolah Menengah Pertama pada umumnya. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kurikulum PAI di Sekolah Menengah Islam Internasional (SMII) Nurul Musthofa bagi siswa berasrama di Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif yang mengambil lokasi di SMII Nurul Musthofa Klaten pada bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2013. Subyek penelitian yang akan dijadikan nara sumber utama dalam penelitian ini adalah waka kurikulum dan guru PAI SMII Nurul Musthofa Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten. Sedangkan informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala asrama, serta siswa SMII Nurul Musthofa Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan cara triangulasi. Data terkumpul dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan Kurikulum PAI di SMII Nurul Musthofa Klaten dilaksanakan dalam dua program pengembangan yaitu pengembangan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler dibagi menjadi dua yaitu ekstrakurikuler di sekolah dan ektrakurikuler di pesantren/asrama bagi siswa yang berada di Pesantren/Asrama dalam mengembangkan materi PAI meliputi bahasa Al Qur’an (Tahfidh dan Tahsin)Arab, Hadits, Fiqh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar